Selasa, 13 September 2016

Foto-foto yang Berbicara.


Berbicara soal Hari Raya Kurban, sangat terenyuh hati bunda ketika melihat siaran di televisi tentang  anak-anak sekolah di Pedesaan yang dianjurkan oleh Ibu Guru mengunpulkan uang (membuka tabungan) untuk membeli hewan kurban. Sungguh sebuah didikan dan arahan yang sangat mulia.

Pada hari Senin, 12 September beberapa jam seusai Solat Idul Adha, saatnya untuk menyembelih hewan-hewan korban. Kaum Muslim yang menyerahkan hewan kurban ke Mesjid Attaqwa Raya banyak jumlahnya. Karena aku terlambat datang ke lapangan, jadi tidak sempat menjepret hewan-hewan itu sebelum disembelih. Tulisanku ini hanya untuk meng-update blog melalui kegiatan-kegiatanku selama berada di Pamulang 2. Aku ikut  bangga sebagai warga yang bermukim dekat Mesjid Attaqwa Raya bisa menyaksikan betapa banyak warga yang menyerahkan hewan kurbannya. Alhamdulillah. Semoga Allah melindungi mereka dan memberikan keberkahan rezeki untuk mereka. Aamiin.

Cara penyembelihan hewan kurban di Mesjid Attaqwa Raya, menurutku sudah memenuhi persyaratan karena ketika memotong hewan kurban, hewan korban lain tidak bisa melihat karena ada tabir yang menghalangi sapi atau kambing yang akan disembelih. Jarak antar tempat pemotongan dengan hewan-hewan yang menunggu giliran untuk disembelih juga memiliki agak jauh dari tempat penyembelihan. Yang penting hewan yang masih hidup tidak akan melihat hewan yang akan disembelih. Pamali, kalau kata orang Sunda, kasihan, pasti hewan yang belum disembelih itu menangis.

Kegotong-royong warga melaksanakan pengulitan, mengeluarkan isi perut, memotong-motong hingga menjadi bagian yang kecil untuk dimasukkan kedalam plastik sangat rapih. Daging-daging yang telah dipotong tidak digeletakkan di atas tanah, tapi para warga telah menggelar entah karpet atau tikar yang lebar untuk bisa menampung hewan sembelih yang telah dikuliti. Pokoknya bisa dibanggakan kebersamaan warga untuk saling membantu. Ber-karung-karung daging hewan baik sapi atau pun kambing telah terkumpul untuk kemudian dibagikan kepada mereka yang layak menerimanya. Daging-daging dalam keadaan fresh dan bersih dari pasir-pasir, karena fasilitas untuk kegiatan ini cukup memadai.






18 komentar:

  1. Bunda.. dr kecil hingga skrg sy selalu ga berani liat sembelihan sapi..hehehe jd sy selalu kagum sm para pria yg dgn gagah berani nyembelih sapi (kok malah curhat)

    BalasHapus
  2. Hehe...gapapa curhat sama bundanya ini. Bunda juga sih kalo melihat langsung ketika hewan disembelih pasti gak tegel dan rasanya ngeri bercampur kasian. Melihatnya ketika sudah tak bernyawa di tiang gantungan saat diturunkan, baru deh berani. Terima kasih kunjungan Ruli Retno Mawarna ke blog bunda.

    BalasHapus
  3. Udah gx kerasa beberapa bulan lg, kurban :D

    BalasHapus
  4. Bunda koq belum update lagi blog nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...maaf, emang bunda terlalu memperhatikan blog bunda yanng www.bundayati.com jadi yang blogspot seringkali terbengkalai. Insya Allah gak berapa lama lagi akan di-update. Terima kasih perhatian Cara Mengobti Hernia ke blog bunda yang ini.

      Hapus
  5. Pesta rakyat ni, kalau ada qurban semua org makan daging :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, warga di sekitar tempat penyembelihan hewan qurban akan kebagian dengan adil walaupun sedikit. Terima kasih kunjungan Cara Mengobati Darah Tinggi ke blog bunda yang jarang di update ini, hehe...

      Hapus
  6. Terimakasih, izin share ya biar banyak yang tahu informasi ini

    Kunjungi juga blog saya : Cara Mengobati Keropos Tulang

    BalasHapus
  7. Terimaksih informasinya, saya coba share kembali ke teman-teman saya, semoga informasinya membatu juga buat mereka


    Kunjungi juga blog saya :
    Cara Mengobati Servisitis Kronis

    BalasHapus
  8. Terimaksih informasinya, saya coba share kembali ke teman-teman saya, semoga informasinya membatu juga buat mereka


    Kunjungi juga Blog saya di bidang kesehatan :

    Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

    BalasHapus
  9. Pagi bunda, maaf bund blog bunda yang satu lagi apa tuh namanya ?

    BalasHapus
  10. Di tengah perjuangan pasti ada rintangan, tapi ingat hasil tidak akan menghianati perjuangan.

    Terimakasih, blog nya sangat keren dan selalu membagikan informsi yang bermanfaat


    BalasHapus
  11. Tidak ada kerja keras yang tidak ada hasil, jangan menyerah, lakukan dengan hati dan berdo'a. Insya Alloh apa yang di perjuangkan, akan kita tuai hasilnya


    BalasHapus
  12. Terimkasih atas share artikelnya, in sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus